Rabu, 03 Oktober 2012

TIPS MANAJEMEN WAKTU



Tips Manajemen Waktu 
Manajemen waktu sangat penting di dalam semua bidang kehidupan. Jika Anda dapat menjadi master utnuk waktu Anda, maka Anda akan menuai keuntungan baik dalam bisnis maupun dalam kehidupan pribadi Anda. Kita semua bersalah karena telah membuang-buang waktu dan menunda melakukan berbagai aktivitas hingga besok, tetapi semakin Anda dapat secara efektif mengelola waktu Anda maka Anda akan menjadi lebih bahagia. Lihatlah tips di bawah ini dan coba terapkan dalam kehidupan Anda.

1.     Memiliki jadwal – Buatlah rincian bagaimana Anda merencanakan untuk menghabiskan hari Anda.  Jika Anda membagi waktu Anda ke dalam blok dengan tugas yang perlu Anda selesaikan hari itu maka ini akan membantu Anda tetap fokus dan termotivasi untuk menyelesaikan hal-hal tepat waktu serta tidak kehilangan apa-apa.

2.     Berkomitmen dalam hal itu -  Yang penting bahwa seklai Anda telah membuat jadwal Anda, Anda akan benar-benar melakukan hal yang terbaik untuk menaatinya. Dari waktu ke waktu mungkin Anda tidak bisa melakukan hal itu karena keadaan, tapi ini harus menjadi pengecualian dan bukan aturan.

3.     Melakukan hal-hal di dalam daftar – Selain membuat daftar, Anda juga harus melakukan hal-hal yang telah Anda tulis di dalam daftar. Selesaikan mereka sehingga Anda bisa membuat daftar yang baru lagi.

4.     Jangan membuang waktu – Mudah bagi kita untuk menemukan berbagai alasan ketika kita mencoba untuk bekerja. Berhenti memeriksa e-mail Anda setiap 5 menit, melihat statistik website, atau hanya browsing hal-hal yang tidak penting di internet. Anda mungkin memiliki rekan di tempat kerja yang tidak pernah berhenti bicara, dalam hal ini Anda harus melakukan yang terbaik untuk menghindari mereka.

5.     Menentukan tujuan – Anda mungkin merasa itu dapat membantu jika Anda memberi insentif untuk diri Anda sendiri dalam jadwal Anda. Mungkin istirahat untuk minum kopi setelah menyelesaikan tugas-tugas tertentu dalam jadwal Anda atau menghabiskan makan malam di sebuah restoran di akhir minggu jika Anda telah menyelesaikan tugas-tugas Anda dan membuat daftar kegiatan Anda untuk hari Senin nanti.

6.     Membuat delegasi – Jika Anda cukup beruntung untuk memiliki orang-orang untuk bisa menyelesaikan pekerjaan tertentu, maka pastikan Anda memanfaatkan mereka untuk potensi mereka sepenuhnya. Lihatlah daftar tugas Anda dan delegasikan tugas secara efektif.

7.     Relaksasi – Pastikan Anda selalu menyiapkan waktu untuk bersantai. Jika Anda tidak meluangkan waktu setiap hari untuk memiliki beberapa bentuk relaksasi maka Anda mungkin perlu mengambil cuti untuk waktu yang lama karena stres. Ini adalah waktu Anda jadi lakukan apa yang membuat Anda bahagia dan memungkinkan Anda untuk bersantai.

Sekarang, hari-hari Anda akan menjadi lebih menyenangkan! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar